Sistem Penjaminan Mutu Internal 2021

6. Ketercapaian Indikator Kinerja Standar Pengelolaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)

6.1 Pengelolaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen dan mahasiswa di UNISM dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) yang bertugas untuk mengelola Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan kegiatan mulai perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, pemantauan dan evaluasi, serta pelaporan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) setiap tahun akademik
Download

6.1.1 LPPM Memiliki Rencana Program PkM yang tertuang pada RKAT LPPM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.2 Adanya Rencana Induk PkM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.3 Adanya Renstra PkM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.4 Adanya Road Map PkM tingkat UNISM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.5 Adanya Road Map PkM tingkat Fakultas,

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.6 Adanya Road Map PkM tingkat Jurusan/Program Studi

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.7 Adanya Road Map PkM dosen

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.8 Terlaksananya sistem monev sesuai siklus PPEPP dengan adanya SOP monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan PkM yang dibuktikan dengan LPJ Monev

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.9 Terlaksananya PkM dosen dan mahasiswa yang menjamin relevansi PkM yang menunjang kemajuan bidang ilmu terkait;

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.10 Terlaksananya PkM dosen dan mahasiswa yang menjamin relevansi PkM yang mempunyai dampak positif bagi kesejahteraan manusia, lingkungan, dan pembangunan nasional

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.11 Adanya Kebijakan dan upaya yang dilakukan oleh pengelola PS dalam menjamin produktivitas PkM yaitu: dosen diwajibkan melakukan PkM minimal 2 kali pada setiap tahun akademik;

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.12 Adanya Kebijakan dan upaya yang dilakukan oleh pengelola PS dalam menjamin produktivitas PkM yaitu Dosen diwajibkan mempublikasikan hasil PkMnya dalam jurnal ilmiah yang terakreditasi Nasional/ber ISSN/jurnal internasional minimal setiap tahun akademik

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.13 Adanya kebijakan dan upaya yang dilakukan oleh unit pengelola PS dalam menjamin keberlanjutan PkM yaitu Memiliki agenda PkM jangka Panjang

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.14 Tersedianya SDM, prasarana dan sarana yang memungkinkan terlaksananya PkM secara berkelanjutan

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.15 Adanya aplikasi dari MoU untuk mengembangkan dan membina jejaring PkM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.16 Mencari berbagai sumber dana PkM seperti hibah PkM nasional maupun internasional yang ditunjukkan dengan adanya sumber eksternal untuk kegiatan PkM setiap tahun akademik di UNISM.

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.17 Adanya LPJ pelaksanaan diseminasi hasil PkM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.18 Adanya LPJ klinik proposal PkM, workshop penulisan artikel ilmiah, pengajuan HKI, dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan kompetensi dosen dalam melaksanakan dan mengembangkan PkM, dan mencapai luaran hasil PkM yang maksimal

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.19 Adanya penghargaan yang diberikan kepada PkM yang berprestasi baik pada tingkat Nasional dan Internasional yang rutin dilaksanakan setiap tahun yang diberikan secara simbolis pada kegiatan Dies Natalis yaitu saat acara Wisuda setiap tahun akademik

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.20 UNISM Memiliki rencana strategis UNISM yang didalamnya termuat terkait PkM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Base Line - 2020(100%).
3
Periode - 2021(100%).

6.1.21 UNISM Memiliki kriteria dan prosedur penilaian PkM paling sedikit menyangkut aspek hasil Pengabdian kepada Masyarakat dalam menerapkan, mengamalkan, dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi guna memajukan kesejahteraan umum serta mencerdaskan kehidupan bangsa

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.22 LPJ Monev-Audit PkM yang dilaksanakan LPM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.23 LPPM memiliki panduan tentang kriteria pelaksana PkM dengan mengacu pada standar hasil, standar isi, dan standar proses PkM yang tertuang juga dalam dokumen standar PkM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.24 Adanya MoU-MoA PkM disertai LPJ pelaksanaan PkM, penggunaan sarana dan prasarana PkM pada lembaga lain melalui program kerja sama PkM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.25 Adanya dokumen hasil analisis kebutuhan yang menyangkut jumlah, jenis, dan spesifikasi sarana dan prasarana PkM melalui LPPM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.26 Adanya laporan kinerja PkM dosen UNISM pada LPM-UPM-LPPM

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.1.27 Adanya data kinerja PkM dosen pada laman simlitabmas setiap dosen

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).
6.2 LPPM UNISM mengelola publikasi PkM dosen dan mahasiswa. pada setiap tahun.
Download

6.2.1 Adanya Jurnal dan Prosiding PkM di UNISM dengan pengelolaan sesuai standar

1
Base Line - 2020(0).
2
Periode - 2021(0).

6.2.2 Adanya Hasil PkM dosen yang terpublikasi

1
Base Line - 2020(100%).
2
Periode - 2021(100%).

6.2.3 Adanya Hasil PkM mahasiswa yang terpublikasi

1
Base Line - 2020(0).
2
Periode - 2021(0).

7. Strategi Pencapaian Standar Pengelolaan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)